Profil Program Studi

Strata Satu Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners

Program studi S-1 Ilmu Keperawatan/Ners Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta dirancang sebagai program pendidikan perawat profesional yang memadukan antara teori di kelas, praktik di laboratorium dan praktik klinik di rumah sakit yang bertujuan untuk tercapainya kompetensi perawat yang berstandar nasional dan internasional dengan mengedepankan jiwa kepemimpinan, patriotisme, kewirausahaan dan mampu mengembangkan teknologi keperawatan dengan memfasilitasi lulusannya kompetensi “Unggulan“ bersertifikat: Keperawatan Gawat Darurat, Keperawatan Kritis (ICU/ICCU/OK) dan Keperawatan Hemodialisa. Saat ini Prodi S-1 Ilmu Keperawatan/Ners STIKES Ahmad Yani Yogyakarta dalam proses peningkatan Akreditasi dari C dengan prospek lulusan program studi S-1 Ilmu Keperawatan/Ners antara lain:

  1. Bekerja pada Rumah Sakit di lingkungan pemerintah, militer maupun swasta berstandar nasional/ internasional dalam maupun luar negeri.
  2. Praktik mandiri keperawatan
  3. Melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (S2 Keperawatan atau Kesehatan lainnya).

Diploma III Kebidanan
Program Studi Diploma III Kebidanan Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan ibu dan anak khususnya untuk mendukung dan menyukseskan program Desa Siaga sebagai ujung tombak menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Indonesia yang saat masih cukup tinggi.  Untuk itu, Prodi D-III Kebidanan memfasilitasi lulusannya dengan kompetensi “Unggulan” berupa pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN) dan Pasang Cabut IUD. Saat ini Prodi D-III Kebidanan STIKES Ahmad Yani Yogyakarta telah mendapatkan Akreditasi B dari Ban-PT dengan prospek lulusan:

  1. Bekerja pada Rumah Sakit di lingkungan pemerintah, militer maupun swasta berstandar nasional/ internasional dalam maupun luar negeri.
  2. Wirausaha Praktek Kebidanan Mandiri (Bidan Praktek Swasta)
  3. Melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (D-IV Kebidanan, S2 Kebidanan atau Kesehatan lainnya)

Diploma III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Program Studi D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta dirancang untuk mempersiapkan tenaga perekam medis dan informasi kesehatan atau manajemen informasi kesehatan (MIK) yang profesional dan siap bersaing untuk memenuhi kebutuhan tenaga perekam medis dan informasi kesehatan di Indonesia sesuai Permenkes No. 340/Menkes/Per/III/2010 tentang Klasifikasi Rumah Sakit untuk menunjang kegiatan tertib administrasi layanan kesehatan yang mewajibkan tiap institusi pelayanan kesehatan memiliki tenaga perekam medis, sehingga prospek lulusan Prodi D-3 Perekam Medis dan Informasi Kesehatan antara lain:

  1. Bekerja di rumah sakit, puskesmas, klinik bersalin.
  2. Bekerja di dinas kesehatan, asuransi kesehatan.
  3. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Diploma III Teknologi Bank Darah

Program studi D-III Teknologi Bank Darah diharapkan menghasilkan teknisi pelayanan darah yang profesional diartikan bahwa lulusan Prodi TBD Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta diharapkan mampu menjalankan profesinya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

lulusan diharapkan menjadi teknisi pelayanan darah yang menguasai pengetahuan dan keterampilan di bidang pelayanan darah di bawah pengawasan dokter meliputi rekrutmen calon pendonor, seleksi donor, penyadapan dan pengambilan sampel darah pendonor, ujisaring Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah dan Konfirmasi Golongan Darah ABO dan Rhesus, pengolahan darah, penyimpanan darah, pendistribusian darah, penelusuran reaksi transfusi bekerjasama dengan rumah sakit,  pencatatan, dokumentasi dan pelaporan hasil pelayanan darah dengan didukung kemampuan bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif serta bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil kerja mandiri maupun kelompok kerja  serta menguasai teknik dasar dalam penelitian di bidang transfusi darah.

 

Strata Satu Farmasi

Program Studi Farmasi (S-1) Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta merupakan program studi yang didirikan untuk menjawab perkembangan kebutuhan akan adanya informasi yang pasti, akurat serta mudah diterima mengenai obat-obatan, suplemen kesehatan, serta bahan-bahan alam yang berkhasiat obat yang beredar di masyarakat. Perkembangan masyarakat yang semakin kritis menumbuhkan rasa ingin tahu, tidak hanya sekedar jenis dan penggolongan obat/bahan obat melainkan juga bagaimana mekanisme obat/bahan obat tersebut dapat memberikan efek dalam tubuh, reaksi efek samping yang mungkin muncul, bagaimana pengatasan apabila terjadi reaksi obat yang tidak diinginkan serta informasi penting lainnya yang menunjang penggunaan obat di masyarakat. Di samping itu pemberian asuhan kefarmasian kepada pasien sangat dibutuhkan agar terapi yang dijalani tidak hanya mencapai hasil pengobatan yang optimal melainkan juga adanya perbaikan kualitas hidup pasien