Proses Seleksi

Berikut adalah proses seleksi (Materi, Tipe, dan Jalur) masuk di Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta TA. 2017/2018.


Materi Seleksi Masuk

  1. Tes Potensi Akademik (TPA) dengan materi tes kemampuan verbal, numerik, penalaran, minat dan pengetahuan umum.
  2. Tes Kesehatan dengan pemeriksaaan fisik, bebas Hepatitis, bebas buta Warna

Tipe Seleksi Masuk, Stikes Jenderal A. Yani Yogyakarta menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018. yaitu Seleksi One Day Service (ODS), merupakan Seleksi penerimaan mahasiswa yang memungkinkan proses pendaftaran, proses seleksi dan pengumuman selesai dalam waktu 1 (satu) hari.

Jalur Seleksi Masuk, Stikes Jenderal A. Yani Yogyakarta menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 yang terbagi dalam beberapa gelombang dan dalam jalur seleksi.

1. Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

Dibagi menjadi 3 yaitu :

A. Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) PBUD ditujukan untuk semua siswa kelas XII SMU/MA/SPK/SMK Kesehatan yang akan lulus tahun 2017, dan memiliki minat atau kemampuan di bidang kesehatan. Seleksi awal berdasar pada pencapaian prestasi akademik kelas X s.d XII (semester 1 s.d 5) dengan nilai rata-rata minimal 7. Persyaratan Pendaftaran:

  1. Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan SMK Kesehatan;
  2. Mengisi formulir pendaftaran, dan melengkapi prasyarat pendaftaran
  3. Menyerahkan salinan rapor kelas X s.d XII (semester 1 s.d 5) yang telah dilegalisasi Sekolah;
  4. Mendapatkan potongan biaya masuk sebesar Rp. 2.000.000,- untuk 10 orang dengan hasil tes potensial akademik (TPA) tertinggi yang akan diumumkan di akhir gelombang III.

B. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)PBUB ditujukan untuk semua siswa kelas XII SMU/MA/SPK/SMK Kesehatan yang akan lulus tahun 2017, yang memiliki prestasi di berbagai bidang seperti olahraga, seni, budaya, penalaran (misal olimpiade, karya ilmiah, dll.). Prestasi yang dimaksud adalah pernah menjadi juara di berbagai  lomba minimal di tingkat kabupaten/kota. Persyaratan Pendaftaran:

  1. Mengisi formulir pendaftaran, dan melengkapi prasyarat pendaftaran
  2. Menyerahkan salinan sertifikat prestasi olah raga ataupun karya ilmiah tingkat kabupaten/kota;
  3. Mendapatkan potongan biaya masuk sebesar Rp. 1.000.000,- untuk 10 orang dengan hasil tes potensial akademik (TPA) tertinggi yang akan diumumkan di akhir gelombang III

C. Undangan, merupakan program penerimaan yang ditujukan kepada siswa kelas XII SMU/MA/SPK/SMK Kesehatan yang akan lulus tahun 2017 terpilih yang diundang khusus/berdasarkan kerjasama yang dilakukan Stikes Jenderal A. Yani Yogyakarta dengan sekolah atau instansi lain. Persyaratan pendaftaran:

  1. Menyerahkan surat undangan yang di terima pada saat kegiatan panitia PMB Stikes Jenderal A. Yani Yogyakarta.
  2. Mendapatkan potongan biaya masuk sebesar Rp. 500.000,- untuk 20 orang dengan hasil tes potensial akademik (TPA) tertinggi yang akan diumumkan di akhir gelombang III.

2. JALUR REGULER

merupakan program penerimaan yang ditujukan kepada siswa kelas XII SMK Non Kesehatan. Jalur reguler merupakan jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) berdasarkan keikutsertaan melalui tes potensial akademik (TPA) dan tes kesehatan. Persyaratan pendaftaran:

  1. Membayar biaya pendaftaran dan tes kesehatan;
  2. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap
  3. Mengikuti tes potensial akademik (TPA) dan tes kesehatan;